Search

Semua PLTN Ditutup, Jerman Bingung Buang Limbah Nuklir Berbahaya - Dunia Tempo.co

TEMPO.CO, Jakarta - Pemerintah Jerman kebingungan bagaimana membuang limbah nuklir mereka setelah menutup semua Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir atau PLTN.

Diperkirakan ada 28.000 kubik meter limbah nuklir radioaktif, atau jika dibandingkan besarnya setara dengan enam menara Big Ben. Limbah nuklir berbahaya ini tidak akan luluh sampai jutaan tahun.

"Ini adalah masalah jahat yang dihadapi Jerman ketika menutup semua pembangkit listrik tenaga nuklirnya di tahun-tahun mendatang," menurut Profesor Miranda Schreurs, bagian dari tim yang mencari lokasi penyimpanan, seperti dikutip dari CNN, 1 Desember 2019.

Para ahli sekarang mencari tempat untuk mengubur hampir 2.000 kontainer limbah radioaktif tingkat tinggi. Situs harus berada di luar batu-padat, tanpa air tanah atau gempa bumi yang dapat menyebabkan kebocoran.

Tantangan teknologi seperti mengangkut limbah mematikan, menemukan bahan untuk membungkusnya, dan bahkan mengkomunikasikan keberadaannya kepada orang-orang di masa mendatang, adalah tantangan yang sangat besar.

Tetapi tantangan yang paling mendesak saat ini mungkin hanya menemukan permukiman yang bersedia memiliki tempat pembuangan nuklir di dekat rumah mereka.

Sekelompok pengunjung berjalan melalui reaktor nuklir dari pembangkit listrik tenaga nuklir di Muelheim-Kaerlich sebelum dibongkar, Jerman, 22 Mei 2017. Foto diambil 22 Mei 2017. [REUTERS / Thilo Schmuelgen]

Jerman memutuskan untuk menghentikan semua pembangkit listrik tenaga nuklirnya setelah bencana Fukushima pada 2011, di tengah meningkatnya masalah keamanan.

Tujuh pembangkit listrik yang masih beroperasi hari ini akan ditutup pada 2022.

Dengan penutupan PLTN muncul tantangan baru, yakni menemukan kuburan nuklir permanen dengan batas waktu pemerintah 2031.

Kementerian Urusan Ekonomi dan Energi Jerman mengatakan sedang berupaya menemukan tempat penyimpanan akhir untuk limbah yang sangat radioaktif, yang menjamin keselamatan dan keamanan sebaik mungkin selama satu juta tahun.

Saat ini, limbah radioaktif tingkat tinggi disimpan di fasilitas sementara, biasanya di dekat pembangkit listrik tempat asalnya.

"Tetapi fasilitas ini hanya dirancang untuk menampung limbah selama beberapa puluh tahun," kata Schreurs, ketua kebijakan lingkungan dan iklim di Technical University of Munich, dan bagian dari komite nasional yang membantu pencarian tempat limbah radioaktif tingkat tinggi.

Seperti namanya, limbah radioaktif tingkat tinggi adalah yang paling mematikan dari jenisnya. Ini termasuk batang bahan bakar bekas dari pembangkit listrik tenaga nuklir. "Jika Anda membuka tabung dengan batang-batang bahan bakar di dalamnya, Anda akan mati seketika," kata Schreurs.

"Tongkat ini sangat panas, sangat sulit untuk mengangkutnya dengan aman," kata Schreurs. Jadi untuk saat ini batang-batang ini disimpan dalam wadah tempat mereka pertama kali bisa didinginkan selama beberapa puluh tahun, tambahnya.

Ada lusinan situs penyimpanan sementara yang tersebar di seluruh Jerman. Pencarian sekarang untuk rumah permanen setidaknya 1 kilometer di bawah tanah.

"Lokasi harus secara geologis sangat sangat stabil," kata Schreurs. "Tidak mungkin ada gempa bumi, tidak ada tanda-tanda aliran air, tidak mungkin batu yang sangat keropos."

Finlandia, yang memiliki empat pembangkit listrik tenaga nuklir dan berencana untuk membangun lebih banyak di masa depan, adalah pemimpin dunia dalam bidang ini. Pekerjaan sedang dilakukan dengan baik pada repositori finalnya sendiri untuk limbah tingkat tinggi, yang terkubur jauh di dalam batuan granit.

Sementara masalah Jerman adalah negara ini tidak memiliki banyak granit, kata Schreurs. Sebaliknya, Jerman harus bekerja dengan tanah yang ada, berjuang mencari tempat mengubur limbah nuklir di dalam material tanah seperti garam batu, batu lempung dan granit kristal.

Let's block ads! (Why?)



"semua" - Google Berita
December 01, 2019 at 06:00PM
https://ift.tt/2OWKNPO

Semua PLTN Ditutup, Jerman Bingung Buang Limbah Nuklir Berbahaya - Dunia Tempo.co
"semua" - Google Berita
https://ift.tt/34ta3Di
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Semua PLTN Ditutup, Jerman Bingung Buang Limbah Nuklir Berbahaya - Dunia Tempo.co"

Post a Comment

Powered by Blogger.