Search

Luhut Mau Semua Menteri Ikut 'Kuliah' di Lemhannas - Detikcom

Jakarta - Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhannas) RI sejak pagi hingga siang hari ini mengadakan pertemuan para menteri dan pimpinan lembaga pemerintah non kementerian. Pertemuan tersebut diisi dengan agenda pemaparan teori presencingoleh Profesor Otto Scharmer, asal Jerman.

Layaknya kuliah, sejumlah Menteri Kabinet Indonesia Maju sangat fokus mendengarkan pemaparan dari Otto. Usai pertemuan itu, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menuturkan bahwa agenda semacam ini sangat penting untuk para menteri hadir.

Menurut Luhut, menteri-menteri juga harus belajar mendengar, tak hanya mau didengar saja.

"Kita kan menteri belajar mendengar juga kan. Jangan menteri maunya hanya didengar saja," tutur Luhut di kantor Lemhannas, Jakarta, Rabu (11/12/2019)

Ia pun akan mengusulkan program ini kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi). Menurutnya, kegiatan belajar bersama dan mendengarkan teori dari pakar-pakar keilmuan pun perlu untuk menyamakan pandangan para menteri.

"Saya sudah melakukan semacam ini supaya menyatukan, jangan kita terkotak-kotak. Mungkin nanti disisipkan lagi mengenai hal lain seperti Pancasila. Nanti saya kira dilihat dengan topik-topik tertentu sambil membangun kebersamaan, tinggal cari pakarnya. Siapa yang akan hadir," jelas Luhut.


Meski begitu, menurut Luhut, Jokowi sudah punya program sejenis untuk para menteri. Hanya saja, di tengah agenda yang padat, program tersebut belum bisa direalisasikan.

"Presiden punya program ini hanya mungkin karena masih sibuk," imbuh dia.

Menurut Luhut, dengan program semacam ini dapat menyegarkan kembali pikiran para menteri. Ia mengibaratkan seperti baterai yang perlu diisi ulang.

"Idenya bagaimana kita diisi. Karena kalau kita tidak di-charge juga baterainya lama-lama low-batt juga," tutup Luhut.

Sebagai informasi, dalam acara di Lemhannas ini, turut hadir juga Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate, Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto, dan Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo.

Simak Video "Komentari Penusukan Wiranto, Luhut Pandjaitan: Jangan Dibesar-Besarkan"
[Gambas:Video 20detik]
(fdl/fdl)

Let's block ads! (Why?)



"semua" - Google Berita
December 11, 2019 at 01:29PM
https://ift.tt/2PMRDbd

Luhut Mau Semua Menteri Ikut 'Kuliah' di Lemhannas - Detikcom
"semua" - Google Berita
https://ift.tt/34ta3Di
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Luhut Mau Semua Menteri Ikut 'Kuliah' di Lemhannas - Detikcom"

Post a Comment

Powered by Blogger.