Search

Uji Praktik SIM dengan Sistem E-Drives, Semua Gerak-gerik Kendaraan Terekam di Control Box - Kompas.com - Megapolitan Kompas.com

JAKARTA, KOMPAS.com - Control box dalam ujian praktik SIM lewat sistem E-Drives merupakan elemen yang sangat penting.

Control box merekam semua gerakan atau sinyal yang dikirimkan dari patok-patok yang ada di lapangan praktik uji SIM.

Hal ini disampaikan Kasie SIM Subdit Regident Ditlantas Polda Metro Jaya, AKP Lalu Hedwin.

"Ini control box gunanya untuk mengoordinir dari pada sinyal-sinyal patok ini. Kan 1 patok ada sensor getar di dalamnya, sensor getar setiap kena tabrakan itu dia akan bergetar patoknya," ujar Lalu di kantor Satpas SIM, Daan Mogot, Jakarta Barat, Selasa (10/12/2019).

Bila peserta dalam ujian praktik menyentuh atau menabrak, patok yang bergetar dan mengirimkan notifikasi ke control box. Kemudian control box akan mengirimkan langsung data ke control room.

Baca juga: Ingin Lulus dan Dapat SIM? Ini Bocoran Uji Praktik dengan Sistem E-Drives

"Ini pakai wireless menggunakan baterei dan kalau ada sentuhan akan mengirimkan sinyal ke control box lalu langsung diteruskan ke control room pake wireless, jadi walaupun hujan dan lain-lain (tetap) aman," ucap Lalu.

Kompas.com pun mencoba melihat isi patok, benar saja di dalam patok terdapat perangkat elektronik yang sudah tersusun. Lalu menjamin air tidak akan masuk ke dalam patok tersebut.

Bila baterai wireless mengeluarkan tanda akan habis, petugas maintanence pun segera mengganti dan mengisi ulang baterai.

Selain itu, control box juga berguna untuk melihat kecepatan rata-rata para pengaju SIM saat berkendara.

Seperti diketahui, ada empat jenis sensor yang dipasang di kendaraan dan di lokasi pengujian SIM pada sistem e-Drives.

Baca juga: Begini Cara Pembuatan SIM Berbasis E-Drives di Satpas SIM Daan Mogot

Keempat sensor tersebut adalah Radio Frequency Identifiqation (RFID) yang dipasang pada kendaraan, passive infrared di garis awal dan akhir, vibration sensor pada patok jalur uji SIM, dan sensor ultrasonik pada mobil untuk uji SIM A.

Saat uji praktek pembuatan SIM, sensor tersebut bekerja untuk merekam data masing-masing pengendara dan langsung dikirimkan ke server yang ada di ruang monitoring.

Nantinya, data yang dikirimkan dari sensor-sensor itu diolah menjadi data statistik untuk dijadikan laporan penilaian dalam uji SIM.

Uji SIM dengan sistem e-Drives ini dapat digunakan bagi warga yang hendak mendapatkan SIM A atau SIM C.

Let's block ads! (Why?)



"semua" - Google Berita
December 11, 2019 at 06:18PM
https://ift.tt/38tvRS1

Uji Praktik SIM dengan Sistem E-Drives, Semua Gerak-gerik Kendaraan Terekam di Control Box - Kompas.com - Megapolitan Kompas.com
"semua" - Google Berita
https://ift.tt/34ta3Di
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Uji Praktik SIM dengan Sistem E-Drives, Semua Gerak-gerik Kendaraan Terekam di Control Box - Kompas.com - Megapolitan Kompas.com"

Post a Comment

Powered by Blogger.