Search

Menkes Pastikan Semua 34 Suspect Negatif Virus Corona Nasional • 1 jam yang lalu - CNN Indonesia

Jakarta, CNN Indonesia -- Kementerian Kesehatan menyebut sudah melakukan pemeriksaan terhadap 34 orang yang diduga terjangkit virus corona hingga Minggu (2/2). Seluruh suspect itu telah dinyatakan negatif dari Corona.

Hal itu diungkapkan Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto dalam rapat kerja bersama dengan Komisi IX DPR RI di Kompleks Parlemen, Senin (3/2).

"Mendapatkan hasil 34 negatif, di mana di antara 34 sampel diuji terdiri dari 27 WNI dan 7 warga negara asing," kata Terawan dalam rapat tersebut.


Terawan menjelaskan bahwa pemeriksaan itu dilakukan secara langsung di laboratorium Kemenkes. Laboratorium itu, kata dia, telah terakreditasi oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).
Selain itu, laboratorium ini juga dilengkapi dengan pedoman penanganan virus corona dari WHO sejak akhir tahun lalu.

"Seperti kita ketahui bahwa Puslitbang Biomedis Balitbangkes merupakan sebuah laboratoruim BSL 3 yang terakreditasi oleh WHO dan juga kit-kit (pedoman penanganan) untuk virus ini kita sudah punya sejak Desember 2019," kata Terawan.

Sementara itu, kini pihak pemerintah telah mengetatkan pemeriksaan untuk masuk ke dalam Indonesia. Setidaknya, kata dia, telah disiapkan 195 thermal scanner di 135 pintu masuk negara.

Selain itu, pemerintah telah mengidentifikasi 19 daerah berisiko yang memiliki akses langsung dari dan ke Tiongkok.


[Gambas:Video CNN]

Dari sisi kesiapan rumah sakit, Terawan menjelaskan bahwa setidaknya akan ada 100 rumah sakit rujukan yang diklasifikasikan sebagai RS rujukan nasional, provinsi, dan regional. Dalam hal ini, rumah sakit tersebut diyakini telah siap menangani pasien terjangkit virus corona

Untuk RS rujukan nasional, Terawan menerangkan setidaknya terdapat tiga rumah sakit, yakni Rumah Sakit Penyakit Infeksi (RSPI) Sulianti Saroso, RSPAD Gatot Subroto, dan RS Persahabatan.

"Kesiapan RS rujukan penyakit infeksi emerging perlu dilakukan maping ulang karena 100 RS rujukan flu burung ini ditetapkannya pada 2007. Jadi perlu cek dan recheck semuanya. (Kini) Sudah 82 RS melaporkan data update kesiapsiagaan RS terkait penyakit infeksi emerging," kata dia. (mjo/ain)

Let's block ads! (Why?)



"semua" - Google Berita
February 03, 2020 at 02:50PM
https://ift.tt/37RsEeo

Menkes Pastikan Semua 34 Suspect Negatif Virus Corona Nasional • 1 jam yang lalu - CNN Indonesia
"semua" - Google Berita
https://ift.tt/34ta3Di
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Menkes Pastikan Semua 34 Suspect Negatif Virus Corona Nasional • 1 jam yang lalu - CNN Indonesia"

Post a Comment

Powered by Blogger.