Search

Pulihkan Pariwisata, Gubernur Bali Rakor dengan Semua Bupati - Tempo

TEMPO.CO,Denpasar - Gubernur Bali Wayan Koster segera menggelar rapat koordinasi dengan mengundang bupati/wali kota se-Bali. Rakor ini dimaksudkan  untuk membahas rencana pemulihan pariwisata Bali yang terpukul dampak virus corona.

"Dalam rapat koordinasi tersebut juga akan melibatkan para pemangku kepentingan pariwisata se-Bali untuk merumuskan program aksi yang akan diterapkan dalam jangka pendek dan jangka menengah," kata Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Bali I Putu Astawa, di Denpasar, Rabu 26 Februari 2020.

Menurut Astawa, merebaknya wabah COVID-19 telah berdampak signifikan terhadap penurunan jumlah wisatawan ke Pulau Dewata, khususnya wisatawan dari Negeri Tirai Bambu."Penurunan wisatawan Cina ini sangat dirasakan oleh para pelaku usaha pariwisata seperti hotel, perjalanan wisata, transportasi wisata, pemandu wisata, dan perajin oleh-oleh Bali," ujarnya.

Wisatawan Cina yang datang ke Bali pada 2019 sebanyak 1.186.057 jiwa ari total jumlah kunjungan wisatawan ke Bali sebanyak 6.275.210 jiwa. Kunjungan wisatawan Cina ini merupakan yang terbesar kedua (18,9 persen) setelah Australia.

Penurunan jumlah kunjungan wisatawan Cina juga berdampak langsung terhadap penerimaan pajak hotel dan restoran yang menjadi sumber Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten/Kota se-Bali terutama Kabupaten Badung, Kota Denpasar, Gianyar, dan Klungkung. "Penurunan jumlah wisatawan mancanegara ini akan berdampak pula pada pertumbuhan ekonomi Bali karena sektor pariwisata memberikan kontribusi lebih dari 50 persen terhadap PDRB Provinsi Bali," ucap Astawa.

Let's block ads! (Why?)



"semua" - Google Berita
February 26, 2020 at 11:51AM
https://ift.tt/3a2R05F

Pulihkan Pariwisata, Gubernur Bali Rakor dengan Semua Bupati - Tempo
"semua" - Google Berita
https://ift.tt/34ta3Di
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Pulihkan Pariwisata, Gubernur Bali Rakor dengan Semua Bupati - Tempo"

Post a Comment

Powered by Blogger.