Search

Corona Meluas, Menhub Jelaskan Alasan Belum Semua Penerbangan ke Cina Ditutup - Tempo

TEMPO.CO, Jakarta - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi memastikan otoritas penerbangan belum menutup semua penerbangan dari dan menuju Cina meski wabah virus Corona meluas. Kementeriannya saat ini masih menunggu pernyataan resmi kebahayaan dari Organisasi Kesehatan Dunia atau World Health Organization (WHO).

"Pertimbangannya belum ditutup semua adalah saat ini tidak ada pernyataan kebahayaan dari WHO. Jadi saya sampaikan, saat ini penerbangan tidak ada yang disetop," ujar Budi Karya di kantornya, Jakarta Pusat, seusai rapat koordinasi bersama jajaran menteri lainnya, Senin, 27 Januari 2020.

Menurut Budi Karya, saat ini otoritas penerbangan dalam negeri hanya menutup penerbangan khusus rute Wuhan, Provinsi Hubei. Aturan itu sesuai dengan Notice to Airmen (Notam) penerbangan internasional yang diterbitkan pada pekan lalu.

Notam penerbangan internasional bernomor G0108/20 terbit menyusul merebaknya virus corona di sejumlah wilayah di Cina, khususnya Kota Wuhan.
Notam itu menyebutkan bahwa Bandara Internasional Wuhan Tianhe tidak dapat digunakan sebagai bandara alternate kecuali untuk kondisi darurat.

Kebijakan ini berlaku mulai 23 Januari 2020 pukul 11.00 UTC atau 18.00 WIB waktu Indonesia hingga 2 Februari mendatang. Dengan Notam itu, penerbangan dari Indonesia menuju Kota Wuhan akan dialihkan ke kota-kota lain di Cina.

Sejumlah maskapai yang menyediakan rute Wuhan, yakni AirAsia dan Lion Air Group, memastikan telah menghentikan sementara penerbangan dari dan menuju Kota Wuhan. Maskapai juga telah menyediakan fasilitas pembatalan penerbangan bagi penumpang sebelum Notam penerbangan internasional diterbitkan.

FRANCISCA CHRISTY ROSANA

Let's block ads! (Why?)



"semua" - Google Berita
January 27, 2020 at 03:10PM
https://ift.tt/2TZ0FWc

Corona Meluas, Menhub Jelaskan Alasan Belum Semua Penerbangan ke Cina Ditutup - Tempo
"semua" - Google Berita
https://ift.tt/34ta3Di
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Corona Meluas, Menhub Jelaskan Alasan Belum Semua Penerbangan ke Cina Ditutup - Tempo"

Post a Comment

Powered by Blogger.