Search

Semua Penerbangan Lion Air ke China Dibatalkan, Penumpang Bisa Refund - Kompas.com - KOMPAS.com

JAKARTA, KOMPAS.com -  Semakin mengkhawatirkannya wabah virus corona di China, memaksa Pemerintah Indonesia menutup semua penerbangan ke China.

Corporate Communications Strategic of Lion Air Group, Danang Mandala, mengatakan semua rute penerbangan ke China dibatalkan.

"Penumpang memahami kondisi dan tidak keberatan. Kita sampaikan kepada penumpang rata-rata bisa mengerti. Bisa refund tiket," kata Danang kepada Kompas.com, Senin (3/2/2020).

Dia mengatakan, operasional penerbangan yang masih berjalan atau beroperasi ke China bertujuan untuk pemulangan tamu atau penumpang.

Layanan penerbangan kembali dioperasikan sebagai ferry flight yakni hanya membawa kru dan tidak menerbangkan tamu atau penumpang.

Baca juga: Takut Tertular Corona, Bagaimana Warga China Pesan Makan lewat Ojol?

Keputusan penghentian sementara merupakan bagian dari langkah antisipasi berdasarkan pemberitahuan larangan perjalanan dari otoritas Wuhan mengenai dampak wabah virus corona.

"Lion Air Group senantiasa memantau situasi di Wuhan, berkoordinasi dengan berbagai pihak terkait serta memberikan perkembangan terkini kepada penumpang," kata Danang.

Sebagai informasi, Lion Air melayani penerbangan ke China lewat Bandara Ngurah Rai Bali, Bandara Sam Ratulangi Manado, Bandara Juanda Surabaya, Bandara Soetta Tangerang, dan Bandara Hang Nadiem, Batam.

Sementara untuk kota tujuan di China antara lain Changsa, Chengdu, Chogqing, Fuzhou, Guangzhou, Hangzhou, Haikou, Jinan, Nanchang, Shenzhen, Tianjin, Wuhan, dan Xi'an.

Baca juga: Mulai Rabu, Garuda Hentikan Sementara Penerbangan dari dan ke China

Instruksi Menhub

Pemerintah melalui Kementerian Perhubungan memutuskan melakukan penundaan penerbangan dari dan ke seluruh destinasi di China hingga batas waktu yang akan ditentukan kemudian.

Namun penundaan itu tidak termasuk untuk rute Hongkong dan Macau. Penundaan ini berlaku mulai hari Rabu, 5 Februari 2020 pukul 00.00 WIB.

“Penundaan sementara ini ditujukan untuk melindungi masyarakat dari risiko tertular mengingat salah satu yang menjadi potensi masuknya penyebaran virus adalah akses transportasi udara yang erat kaitannya dengan keluar masuknya penumpang internasional," ujar Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dalam keterangan resmi Minggu (2/2/2020).

Baca juga: Virus Corona Bikin Rupiah Melemah ke Kisaran Rp 13.700 Per Dollar AS

Melalui keputusan ini, jelas Menhub, seluruh maskapai Indonesia diminta untuk menunda seluruh rencana penerbangan dari/ke seluruh destinasi di China.

Demikian pula maskapai asing yang melakukan penerbangan dari China menuju Indonesia, termasuk penerbangan transit dari China, diminta untuk menunda sementara penerbangan menuju Indonesia.

Pemerintah meminta maskapai nasional maupun asing untuk mempersiapkan diri dengan tetap mengutamakan kepentingan konsumen dan menyampaikan rencana penundaan sedini mungkin sesuai prosedur yang berlaku agar kerugian penumpang dapat diminimalisir.

Saat ini tercatat lima maskapai nasional yang mengoperasikan penerbangan ke RRT yaitu Garuda Indonesia, Citilink, Batik Air, Lion Air dan Sriwijaya Air.

Baca juga: Pemerintah RI Perintahkan Maskapai Tunda Penerbangan dari dan ke China

Let's block ads! (Why?)



"semua" - Google Berita
February 03, 2020 at 12:11PM
https://ift.tt/31kpzRw

Semua Penerbangan Lion Air ke China Dibatalkan, Penumpang Bisa Refund - Kompas.com - KOMPAS.com
"semua" - Google Berita
https://ift.tt/34ta3Di
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Semua Penerbangan Lion Air ke China Dibatalkan, Penumpang Bisa Refund - Kompas.com - KOMPAS.com"

Post a Comment

Powered by Blogger.