Search

Anies vs Basuki Silang Pendapat, Jokowi Minta Semua Merapat - detikNews

Jakarta - Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dan Gubernur DKI Anies Baswedan bersilang pendapat soal masalah banjir yang melanda Ibu Kota. Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta semua merapat. Jokowi meminta pemerintah pusat dan daerah bekerjasama atasi banjir.

Mulanya, Anies dan Basuki meninjau banjir. Keduanya lalu bersilang pendapat soal normalisasi Kali Ciliwung.


Basuki mengatakan normalisasi sepanjang Kali Ciliwung yang ditangani hanya 16 km dari 33 km. Maka yang belum dinormalisasi terlihat genangan air. "Namun mohon maaf Bapak Gubernur selama penyusuran Kali Ciliwung ternyata sepanjang 33 km itu yang sudah ditangani dinormalisasi 16 km. Di 16 km itu kita lihat insyaallah aman dari luapan, tapi yang belum dinormalisasi tergenang," kata Basuki di lapangan Monas, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Rabu (1/1/2020).

Atas hal tersebut, Basuki mengaku pihaknya akan berdiskusi dengan Anies membahas normalisasi Kali Ciliwung. Anies disebutnya juga sudah mengambil langkah pembebasan lahan.

"Termasuk di kali Pesanggarahan juga dengan sodetan Kali Ciliwung ke Banjir Kanal Timur, beliau mengambil langkah-langkah untuk pembebasan lahannya karena 1,2 km, 600 meter sudah kita kerjakan. Kami menunggu sekarang kesepakatan dengan masyarakat," ujarnya.

Menurut dia, tanpa melakukan normalisasi Kali Ciliwung, banjir bakal terulang. Bahkan Kali Ciliwung juga terlihat kurang lebar.

"Kendala normalisasi pasti ada, karena lebarnya sudah sempit, lebarnya berkurang. Kalau lihat sekarang itu rumah bukan bantaran, tapi di palung sungai. Ini bukan hal yang mudah. Ini keahlian beliau (Anies) untuk persuasif. Tanpa itu, pasti akan menghadapi kejadian berulang seperti ini," jelas dia.


Namun, Anies mempunyai pendapat lain. Menurut mantan Mendikbud ini, selain normalisasi, harus ada pengendalian air dari Bogor yang masuk ke Jakarta.

"Mohon maaf, Pak Menteri, saya harus berpandangan karena tadi bapak menyampaikan. Jadi, selama air dibiarkan dari selatan masuk ke Jakarta dan tidak ada pengendalian dari Selatan, maka apa pun yang kita lakukan di pesisir termasuk di Jakarta tidak akan bisa mengendalikan airnya," papar Anies.

Let's block ads! (Why?)



"semua" - Google Berita
January 03, 2020 at 07:33AM
https://ift.tt/2FhSBqZ

Anies vs Basuki Silang Pendapat, Jokowi Minta Semua Merapat - detikNews
"semua" - Google Berita
https://ift.tt/34ta3Di
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Anies vs Basuki Silang Pendapat, Jokowi Minta Semua Merapat - detikNews"

Post a Comment

Powered by Blogger.