Search

Cukai Naik 1 Januari, Tak Semua Pedagang Naikkan Harga Rokok - CNBC Indonesia

Jakarta, CNBC Indonesia - Pemerintah telah menaikkan tarif cukai hasil tembakau (CHT) atau cukai rokok sebesar rata-rata 23% dan harga jual eceran (HJE) mencapai 35% mulai 1 Januari 2020. Meski demikian, sebagian toko dan mini market terpantau masih memasang harga lama.

Indomaret di Kampung Melayu, Jakarta Timur, misalnya, masih menjual rokok Sampoerna Mild seharga Rp21.000 per bungkus. Sementara Surya 12 di harga Rp17.400 per bungkus, begitu juga dengan merek rokok lainnya tetap dengan harga lama.

Saat dikonfirmasi, pegawai mengaku tempatnya memang belum memberlakukan kenaikan harga sesuai tarif cukai baru. Dia juga mengaku belum menerima kabar akan ada kenaikan dari manajemen.

Hal serupa juga terpantau di minimarket Alfamart, Bidara Cina, Jakarta Timur. Pegawai Alfamart, Ade, mengatakan harga rokok di tempatnya memang sudah mengalami kenaikan sejak awal tahun ini.

Namun, nilainya tak signifikan hanya berkisar antara Rp300 sampai Rp1.000 per bungkus. Ia mengatakan kenaikan tersebut biasa dilakukan, namun tak terkait dengan tarif cukai dan HJE rokok yang baru ditetapkan.

"Belum ada informasi apa akan ada kenaikan rokok," kata Ade saat ditanya apakah akan ada penyesuaian harga setelah cukai ditetapkan naik, Rabu (2/1/2020).

Tak jauh dari Alfamart itu, pedagang toko kelontong, Agus, juga masih menjual roko dengan harga lama. Rokok Sampoerna Mild dijualnya dengan harga Rp21.500 per bungkus, Djarum Super seharga 12 Rp16.400 per bungkus dan Surya 12 seharga Rp16.500 per bungkus.

Agus mengaku telah mengetahui kabar kenaikan cukai rokok pada 2020, namun dia memilih menunda untuk menyesuaikan harga jualnya pada awal tahun ini.

Alasannya, ia khawatir konsumennya akan berkurang jika harga rokok dinaikkan secara tiba-tiba. Menurutnya, agen penjualan rokok yang menjadi langganannya juga masih memakai harga lama.

"Saya sudah tahu harga naik, tarif dari bea cukai. Tapi, saya nggak berani dulu naikan. Nggak naik saja ga ada yang beli," kata Agus.

[Gambas:Video CNBC]

(hoi/hoi)

Let's block ads! (Why?)



"semua" - Google Berita
January 02, 2020 at 05:54PM
https://ift.tt/2ZIW3nO

Cukai Naik 1 Januari, Tak Semua Pedagang Naikkan Harga Rokok - CNBC Indonesia
"semua" - Google Berita
https://ift.tt/34ta3Di
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Cukai Naik 1 Januari, Tak Semua Pedagang Naikkan Harga Rokok - CNBC Indonesia"

Post a Comment

Powered by Blogger.