Search

Jimly Asshiddiqie: Gus Sholah Sosok Lintas Agama, Semua Kehilangan - detikNews

Jakarta -

Anggota DPD RI Jimly Asshiddiqie mengenang sosok almarhum KH Salahuddin Wahid atau Gus Sholah sebagai tokoh perekat bangsa. Dia menyebut semua orang kehilangan sosok Gus Sholah.

"Saya sudah lama sekali dengan beliau ini, saya kan sering ke sini, beliau sangat akrab, dia lintas iman, lintas aliran, dia akrab. Jadi semua orang merasa kehilangan," kata Jimly kepada wartawan usai melayat di rumah duka, Mampang, Jakarta Selatan, Senin (3/2/2020).

Jimly menyebut Gus Sholah merupakan sosok yang bisa mengayomi semua orang. Dia berharap generasi muda bisa mencontoh almarhum.

"Kita butuh banyak tokoh seperti ini lintas golongan, lintas agama, di saat bangsa kita memang sedang butuh keteladanan yang bisa mempersatukan dan merekat," ucap Jimly.

Selain itu, Jimly juga menjelaskan Gus Sholah sebagai sosok yang concern terhadap masalah kebangsaan dan tidak tinggi hati. Menurutnya Gus Sholah juga merupakan pibadi yang terbuka terhadap semua golongan.

"Di saat ketika kita hadapi masalah keretakan sosial, ekonomi sosial budaya, sosial politik, kita butuh tokoh yang seperti beliau, mari kita meneruskan cara dia bekerja, optimisme dia, inklusivisme dia, terbuka dengan semua kelompok golongan, ini contoh yang patut kita teruskan," ujarnya.

Gus Sholah meninggal dunia pada, Minggu (2/2) pukul 20.55 WIB tadi malam. Adik kandung Presiden ke-4 RI KH Abdurrahman Wahid alias Gus Dur itu wafat di Rumah Sakit Jantung Harapan Kita, Jakarta.

Gus Sholah adalah ulama, politikus, sekaligus akademisi terkemuka di Indonesia. Dia pernah menjabat sebagai Ketua MPP Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) periode 2000-2005, Wakil Ketua II Komnas HAM pada periode 2001-2004, hingga pernah menjadi calon wakil presiden dari Capres Wiranto yang diusung Partai Golkar pada 2004.

Mulai 2006, Gus Sholah resmi menjadi pengasuh Pondok Pesantren Tebuireng, Jombang, Jawa Timur.

Simak Video "Gus Sholah Tutup Usia, Prabowo: Kita Kehilangan Tokoh Bangsa"

[Gambas:Video 20detik]

(maa/gbr)

Let's block ads! (Why?)



"semua" - Google Berita
February 03, 2020 at 09:49AM
https://ift.tt/2vKmNtj

Jimly Asshiddiqie: Gus Sholah Sosok Lintas Agama, Semua Kehilangan - detikNews
"semua" - Google Berita
https://ift.tt/34ta3Di
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Jimly Asshiddiqie: Gus Sholah Sosok Lintas Agama, Semua Kehilangan - detikNews"

Post a Comment

Powered by Blogger.