Search

Film Frozen II Tayang, Ingat Tak Semua Kartun Cocok untuk Anak-anak - Kompas.com - KOMPAS.com

KOMPAS.com - Film animasi Frozen II mulai tayang di bioskop Indonesia. Tayangan kartun yang menceritakan kisah Putri Elsa, Anna, Olaf, Sven, dan Kristoff ini kembali dengan petualangan baru.

Sebelumnya, kartun Frozen sudah beredar dan digandrungi masyarakat. Tak hanya orang dewasa, dalam seri pertamanya, tayangan Frozen digandrungi anak-anak.

Namun ternyata, tidak semua jenis kartun cocok ditonton, khususnya bagi anak-anak di usia pra-sekolah.

Dalam studi berjudul The Immediate Impact of Different Types of Television on Young Children's Executive Function, yang diterbitkan dalam jurnal Pediatrics, dijelaskan efek menonton kartun tertentu pada anak berusia 4 tahun.

Baca juga: Studi: SpongeBob Squarepants Pengaruhi Fokus dan Kontrol Diri Anak

Penelitian ini menjelaskan bagaimana dua buah tayangan animasi berbeda memengaruhi beberapa kemampuan anak-anak, seperti keterampilan dalam dalam memperhatikan, menyelesaikan masalah, fokus, dan kemampuan lainnya.

Adapun acara kartun yang harus ditonton anak-anak tersebut adalah SpongeBob Squarepants serta tayangan pendidikan berjudul Caillou.

Hasilnya, anak-anak yang menonton kartun dengan dengan yang berjalan lambat mendapatkan nilai tinggi dalam hal fokus dan pengendalian diri.

Para peneliti menyimpulkan bahwa hanya sembilan menit menonton kartun televisi yang bergerak cepat memiliki efek negatif langsung pada fungsi otak eksekutif anak berusia 4 tahun.

Ini karena, tayangan kartun Spongebob Squarepants mengalami perubahan adegan setiap 11 detik. Selain itu, animasi tersebut juga menyajikan gambar dengan degan yang cepat.

Perubahan adegan yang cepat ini disebuat tidak sesuai dengan perkembangan anak-anak, khususnya bagi mereka yang berusia 4 tahun.

Dengan demikian, perubahan adegan yang terlampau cepat pada tayangan animasi dapat memengaruhi fokus dan kontrol diri.

Let's block ads! (Why?)



"semua" - Google Berita
November 20, 2019 at 09:00PM
https://ift.tt/2r6FpBw

Film Frozen II Tayang, Ingat Tak Semua Kartun Cocok untuk Anak-anak - Kompas.com - KOMPAS.com
"semua" - Google Berita
https://ift.tt/34ta3Di
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Film Frozen II Tayang, Ingat Tak Semua Kartun Cocok untuk Anak-anak - Kompas.com - KOMPAS.com"

Post a Comment

Powered by Blogger.