Search

Evakuasi Corona, Istana Tegaskan Semua WNI dari Wuhan Sehat - CNBC Indonesia

Jakarta, CNBC Indonesia - Istana Kepresidenan memastikan bahwa ratusan warga negara Indonesia (WNI) yang dievakuasi dari Wuhan, China, dinyatakan sehat dan tidak terjangkit virus corona.

Hal tersebut dikemukakan Juru Bicara Presiden Fadjroel Rachman melalui keterangan resmi, seperti dikutip Minggu (2/2/2020). Prosedur pemeriksaan WNI, pun sesuai prosedur dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).


"Semua WNI yang dijemput dalam evakuasi kemanusiaan ini dipastikan semuanya dinyatakan sehat," kata Fadjroel, seperti dikutip keterangan resmi.

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi memastikan bahwa pesawat yang membawa ratusan warga negara Indonesia (WNI) dari Wuhan, China telah mendarat dengan selamat di Batam.

"Alhamdulillah, pesawat penjemput WNI dari Wuhan sudah tiba di Batam," kata Retno Marsudi, melalui sebuah unggahan di akun Twitter resmi.


Pesawat evakuasi tersebut membawa 238 WNI dari Wuhan dan wilayah sekitarnya. Angka ini turun dari jumlah WNI yang sebenarnya berada di Wuhan yakni 245.

Menurut Kemlu 7 orang lainnya tidak bisa ikut karena sejumlah hal. Empat dikatakan menolak ikut karena alasan pribadi, sedangkan tiga lainnya tidak diizinkan naik ke pesawat karena masalah kesehatan.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebelumnya menyampaikan bahwa tim penjemput dari Tanah Air sudah dalam perjalanan menuju Provinsi Hubei, China. Hal ini disampaikan Jokowi melalui akun Twitter resminya @jokowi.

Jokowi memastikan bahwa seluruh WNI akan melali serangkaian pemeriksaan kesehatan untuk memastikan mereka terbebas dan tidak terjangkit virus corona yang telah dijadikan sebagai darurat global.

"Misi penjemputan ini adalah misi yang sangat mulia, yang akan dijalankan dengan penuh kedisiplinan," kata Jokowi.

Virus corona yang menyebar di Wuhan dan sekitarya membuat sejumlah negara melakukan evakuasi pada warganya. Selain RI, Jepang, Amerika Serikat, dan Inggris juga sudah melakukan hal serupa.

[Gambas:Video CNBC]

(sef/sef)

Let's block ads! (Why?)



"semua" - Google Berita
February 02, 2020 at 12:58PM
https://ift.tt/36Sgkcs

Evakuasi Corona, Istana Tegaskan Semua WNI dari Wuhan Sehat - CNBC Indonesia
"semua" - Google Berita
https://ift.tt/34ta3Di
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Evakuasi Corona, Istana Tegaskan Semua WNI dari Wuhan Sehat - CNBC Indonesia"

Post a Comment

Powered by Blogger.