Search

Jokowi: Corona Menyebabkan Supply Demand Produksi Rusak Semua - Tempo

TEMPO.CO, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi memerintahkan seluruh bawahannya untuk memperlonggar izin ekspor dan impor bahan baku. Perintah ini disampaikan untuk menangani pasokan bahan baku impor yang mulai langka akibat wabah virus corona atau Covid-19.

"Terkait impor, tolong dilihat kebijakannya, jangan sampai ada lagi yang menghambat. Longgarkan, percepat prosedur yang sebelumnya berbelit-belit. Ini situasi tidak normal, karena Corona ini menyebabkan demand, supply, dan produksi rusak semua," ujar Jokowi saat membuka rapat kerja Kementerian Perdagangan di Istana Negara, Jakarta pada Rabu, 4 Maret 2020. 

Pemerintah mencatat, penyebaran virus corona telah membuat produksi di Cina merosot. Padahal, beberapa industri di Indonesia sangat bergantung dengan bahan baku dari Cina. "Produksi di Tiongkok banyak yang berhenti, sementara barang baku kita banyak dari sana. Sudah supply dari sana sulit, masuk sini makin sulit," ujar Jokowi.

Menurut Jokowi, jumlah impor bahan baku Indonesia dari Cina sangat besar sekali. Sebagai contoh, kata Jokowi, impor elektronik dari Wuhan saja sebesar US$10 miliar. "Itu udah 50 persen impor Indonesia di situ," ujar dia.

Begitu pula dengan ekspor, Jokowi meminta semua prosedur dipermudah karena ekonomi semua negara sedang sulit karena virus corona ini. "Barang yang bisa kita supply ke negara lain, harus bisa kita penuhi," ujar dia.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menjelaskan purchasing managers index (PMI) Cina turun menjadi 35,7 pada Februari 2020. Ini artinya, industri di Cina hampir tidak berproduksi.

Untuk itu, pemerintah sedang berupaya mencari alternatif negara lain yang bisa menjadi sumber bahan baku untuk perusahaan di Indonesia. "Nilai impornya macam-macam, tergantung sektornya," ujar Airlangga, dua hari lalu.

DEWI NURITA

Let's block ads! (Why?)



"semua" - Google Berita
March 04, 2020 at 11:03AM
https://ift.tt/3arm0we

Jokowi: Corona Menyebabkan Supply Demand Produksi Rusak Semua - Tempo
"semua" - Google Berita
https://ift.tt/34ta3Di
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Jokowi: Corona Menyebabkan Supply Demand Produksi Rusak Semua - Tempo"

Post a Comment

Powered by Blogger.