Search

Antisipasi Korona, Pelindo II Perketat Masuknya Semua Kapal - Investor Daily

JAKARTA, investor.id –  PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) II (Persero) memperketat masuknya semua kapal barang dan kapal penumpang di pelabuhan kelolaan, terutama Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta. Hal itu untuk mengantisipasi penyebaran virus korona melalui pelabuhan.

“Semua kapal barang dari luar negeri yang akan bersandar di pelabuhan Pelindo II diperiksa lebih ketat. Bukan hanya kapal dari Tiongkok, tapi kapal dari semua negara mengingat penyebaran virus korona sudah terjadi di lebih dari 60 negara,” kata Direktur Utama Pelindo II Arif Suhartono dalam keterangannya, Minggu (8/3).

Dia menambahkan, semua awak kapal berbendera asing dilarang turun ke pelabuhan ketika kapal bersandar. Pergantian kru hanya dapat dilakukan setelah melewati masa observasi yang diawasi petugas kantor kesehatan pelabuhan (KKP). Kapal-kapal yang akan bersandar diminta melaporkan secara online 10 pelabuhan terakhir yang disinggahi sebelum ke Pelabuhan Tanjung Priok.

Selain itu, menurut Arif, untuk menghindari kemungkinan penularan, para petugas yang berisiko wajib menggunakan alat pelindung diri minimal berupa masker dan sarung tangan.

Arif menjelaskan, pihaknya terus meningkatkan koordinasi dengan petugas pos koordinasi pencegahan penyebaran virus korona di Pelabuhan Tanjung Priok yang dibentuk secara khusus pada Januari 2020.

“Setiap minggu, kami melaporkan rencana kedatangan kapal yang akan bersandar di Pelabuhan Tanjung Priok. Agen-agen kapal berbendera asing juga diwajibkan melaporkan kondisi kesehatan seluruh awak kapal dan melampirkan surat pernyataan bebas penyakit pneumonia yang ditandatangani oleh nahkoda, setidaknya 2X24 jam sebelum kapal berlabuh,” ujar Arif.

Terkait kapal penumpang domestik, menurut Arif, petugas juga memperketat pemeriksaan. Pengawasan dilakukan secara ekstra terhadap penumpang dari Batam.

“Khusus kapal pesiar (cruise) dari luar negeri diberikan izin sandar. Namun, untuk penumpangnya yang akan melakukan perjalanan wisata harus diperiksa terlebih dahulu dan harus mendapatkan izin dari pemerintah daerah,” jelasnya.

Sumber : Investor Daily

Berita Terkait

Let's block ads! (Why?)



"semua" - Google Berita
March 08, 2020 at 11:48AM
https://ift.tt/2Ir1os8

Antisipasi Korona, Pelindo II Perketat Masuknya Semua Kapal - Investor Daily
"semua" - Google Berita
https://ift.tt/34ta3Di
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Antisipasi Korona, Pelindo II Perketat Masuknya Semua Kapal - Investor Daily"

Post a Comment

Powered by Blogger.